TRIK MENGHEMAT BATERAI HANDPHONE




TRIK MENGHEMAT BATERAI HANDPHONE



Tips Menghemat Baterai Blackberry
1.Isi daya smartphone BlackBerry® Anda sebanyak mungkin. Ketika di rumah, isilah baterai Blackberry anda sampai penuh dengan charger Blackberry original.

2.Jangan tinggalkan Blackberry anda tetap dalam kondisi terhubung dengan charger ketika sudah penuh. Meskipun sudah dilengkapi dengan sirkuit pemutus arus dikala sudah penuh, namun tindakan membiarkan Blackberry anda tetap terhubung dengan charger tidak dianjurkan.

3.Baterai yang digunakan berjenis lithium. Jadi anda bisa melakukan pengisian meskipun belum mencapai kondisi kosong. Justru untuk jenis baterai ini, tidak dianjurkan untuk sering mengisi dari kondisi sangat kosong.

4.Gunakan portable charger atau powerbank untuk membantu anda melakukan pengisian saat dalam perjalanan.
5.Gunakan baterai yang berkualitas. Baterai berkualitas akan menjamin ketahanan dan kapasitas sesuai dengan yang dijanjikan oleh pabrikan nya.
6.Kurangi volume. Volume semakin tinggi akan semakin memakan daya baterai anda.
Pakai headphone. Penggunaan headphone saat mendengarkan musik akan sangat membantu dalam menghemat baterai Blackberry anda.
7.Matikan setting ekualiser (Media – Options)
8.Kunjungi situs seluler jika memungkinkan. Situs mobile di didesain lebih ringan dimuat di Blackberry anda sehingga selain menghemat penggunaan baterai juga menghemat waktu karena akan lebih cepat dimuat. Situs full site membutuhkan Blackberry anda bekerja lebih keras untuk menampilkannya, sehingga akan lebih menguras baterai dibanding dengan situs mobile.
9.Matikan Ulang Animasi ke setting yang lebih rendah (Browser – Options – General Properties). Animasi yang digunakan oleh situs akan memaksa Blackberry anda bekerja lebih keras untuk menampilkan halaman web, yang dengan sendirinya akan membutuhkan daya lebih besar.
10.Tutup browser setelah selesai (menggunakan tombol ESC, bukan tombol End berwarna merah). Aplikasi yang ditutup dengan tombol END akan tetap berjalan di belakang layar. Penggunaan daya tetap terjadi sementara anda tidak menggunakan nya.
11.Kurangi Waktu Mati Lampu Latar (Options – Screen/Keyboard). Meskipun sedikit, beberapa detik dari beberapa puluh kali dalam satu hari akan cukup berpengaruh dalam penghematan daya baterai Blackberry anda.
12.Kurangi Kecerahan Lampu Latar (Options – Screen/Keyboard). Tinggat kecerahan / brightness dari layar merupakan komponen yang cukup besar dalam mengambil daya baterai
13.Holster smartphone (mematikan LCD secara otomatis). Setel holster untuk mematikan LCD secara otomatis.
14.Setel Audible Roll ke bisu (Options – Screen/Keyboard). Audible Roll sebaiknya di set ke mute, sedikit banyak dapat mengurangi penggunaan daya untuk audio yang tidak penting.
15.Matikan Suara Tombol (Options – Screen/Keyboard). Serupa dengan audible roll, hal ini mengurangi penggunaan daya untuk audio yang tidak penting.
16.Matikan koneksi yang tidak digunakan saat tidak dipakai, mis. GPS, Wi-Fi®, Bluetooth®. Usahakan anda menyalakan Bluetooth, GPS, dan Wi-Fi hanya disaat anda memerlukannya. Koneksi koneksi tersebut memiliki kontribusi yang sangat besar dalam menghabiskan daya baterai Blackberry anda.
17.Gunakan Nyala/Mati Otomatis (Auto On/Off). Fitur ini ada di setiap Blackberry namun jarang digunakan. Set Blackberry anda untuk mati otomatis di jam-jam dimana anda pasti tidak akan menggunakannya (Misal jam-jam tidur anda) dan set untuk hidup otomatis disaat anda pasti akan membutuhkannya (misal saat anda bangun). Tidak usah khawatir dengan messages anda, pesan pesan anda akan tetap masuk disaat anda bangun.
18.Gunakan modus tunggal saja (1XEV, 2G saja, 3G saja). Pilih salah satu. Jika diserahkan kepada Blackberry untuk memilih (default), maka akan terjadi perpindahan jaringan yang cukup sering tergantung kekuatan sinyal saat itu. Setiap perpindahan jaringan akan memakan daya baterai sangat besar.
Sinyal operator yang lemah adalah musuh utama baterai Blackberry anda. Jika tidak terlalu diperlukan, matikan Blackberry anda jika anda berada dalam area dengan sinyal yang sangat lemah untuk menghemat baterai.
19.Gunakan pintasan agar tak perlu mengaktifkan menu Java® (Browser – Options – Browser Configuration). Penggunaan pintasan atau shortcut akan lumayan meminimisasi waktu nyala layar dan penggunaan Java, yang sedikit banyak akan menghemat baterai anda.
Matikan lampu kilat (Camera – Options). Gunakan lampu kilat hanya disaat anda membutuhkannya. Lampu kilat menggunakan daya yang sangat besar.
20.Setel ukuran gambar ke Kecil (Camera – Options)
Setel Efek Warna ke Normal (Camera – Options)
Setel Mutu Gambar ke Normal (Camera – Options)
21.Saat keluar, pastikan untuk menutup aplikasi, jangan meninggalkannya menyala di latar (tutup dengan tombol ESC, bukan tombol End warna merah). Aplikasi yang masih berjalan di belakang layar tetap akan menguras daya meskipun anda tidak menggunakannya.
22.Keluarlah dari aplikasi pihak ketiga saat tidak dipakai (Pesan Instan, dll.). Pesan instan akan selalu berusaha untuk melakukan koneksi yang menguras baterai anda. Matikan jika anda sedang tidak menggunakannya
23.Matikan pemberitahuan suara (Profiles), terutama untuk grup yang tidak begitu penting
Matikan lampu LED tanda cakupan sinyal (Profiles). Led cakupan sinyal merupakan sebuah fitur yang tidak begitu berguna namun tetap menggunakan daya baterai.
matikan GPS jika tidak sedang digunakan.
24.Gunakan fungsi zoom out untuk mendapatkan area terlihat yang masih bisa digunakan
Rubah modus dual mode ke gsmCARA MENGHEMAT BATERAI ANDROID

Cara Menghemat Baterai HP Android,



1.Redupkan layar. Layar hp memakanpaling banyak penggunaan baterai. jadi, aturlah kecerahan layar pada tingkat yang rendah, trik ini mampu memperawet baterai hp android anda.


2.Matikan Wifi jika tidak digunakan. Jika anda sudah tidak menggunakan jaringan wifi, maka matikanlah wifi ponsel anda agar bisa menghemat pemakaian android.


3.Matikan juga bluetooth, gps, suara, dan getar untuk memperpanjang umur baterai android


4.Uninstall aplikasi yang tidak digunakan, terutama aplikasi yang secara otomatis tersambung dengan koneksi internet seperti line, ym, dll


5.Jangan gunakan aplikasi task manager untuk memberhentikan aplikasi secara paksa. Hal ini justru semakin membuat baterai anda boros. Ponsel android adalah ponsel pintar yang mampu mengatur kinerja aplikasi yang sedang berlangsung, jika anda memberhentikan aplikasi secara paksa, maka baterai anda akan terkuras banyak ketika aplikasi tersebut dibuka lagi. itulah sebabnya kenapa kebanyakan permainan atau aplikasi android tidak menyertakan tombol exit pada gamenya.


6.Gunakan aplikasi semacam battery saver untuk membantu anda menghemat pemakaian baterai pada ponsel android.
TRIK MENGHEMAT BATERAI HANDPHONE  TRIK MENGHEMAT BATERAI HANDPHONE Reviewed by biham on 10:10 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.